Konsep kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi adalah kepemimpinan administratif. Kepemimpinan administratif berkenaan dengan upaya menggerakkan orang lain supaya melaksanakan tugasnya secara terkoordinasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan administratif dalam konsep kepemimpinan tersebut berdasarkan pada perencanaan yang rasional, bukan berdasarkan intuisi, bertindak atas dasar pemahaman terhadap masalah-masalah internal organisasi dan masalah-masalah eksternal organisasi. Kepemimpinan ini berdasarkan pada kesadaran diri dan menyadarkan individu-individu lainnya terhadap tujuan-tujuan organisasi, serta memahami implikasi tujuan-tujuan tersebut terhadap masyarakat secara keseluruhan.
Konsep kepemimpinan
Konsep kepemimpinan yang efektif dalam suatu organisasi adalah kepemimpinan administratif. Kepemimpinan administratif berkenaan dengan upaya menggerakkan orang lain supaya melaksanakan tugasnya secara terkoordinasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan administratif dalam konsep kepemimpinan tersebut berdasarkan pada perencanaan yang rasional, bukan berdasarkan intuisi, bertindak atas dasar pemahaman terhadap masalah-masalah internal organisasi dan masalah-masalah eksternal organisasi. Kepemimpinan ini berdasarkan pada kesadaran diri dan menyadarkan individu-individu lainnya terhadap tujuan-tujuan organisasi, serta memahami implikasi tujuan-tujuan tersebut terhadap masyarakat secara keseluruhan.
